Selasa, 27 Agustus 2013

TAHUKAH ANDA APA ITU “AVATAR”

 Oleh : Taufiqur Rahman

Tidak asing ditelinga anak-anak kita tentang “Avatar,” Tokoh di Film kartun "Avatar: The Legend of Aang" yang masih tayang di suatu TV swasta nasional itu(di AS namanya Avatar: The Last Bender). Avatar termasuk dalam film kartun jaringan Holywood (Nickelodeon).

Nama yang tidak asing ditelinga anak-anak kita tersebut,tahukah kita apa sebenarnya Avatar itu ?

Awatara atau Avatar (Sanskerta: अवतार, avatāra, baca: awatara) yang menurut ajaran hindu adalah jelmaan Sang Pencipta turun ke Bumi dengan menjelma wujud material untuk membenahi keadaan dunia yang rusak akibat moral dan tingkah laku manusia. Avatar berasal dari kata Awatara yang berarti jelmaan Tuhan Yang Maha Esa atau manifestasinya turun ke bumi untuk menyelamatkan orang-orang yang melaksanakan dharma/kebenaran. Sehingga sosok Avatar merupakan gambaran atau perwujudan (manifestasi) Tuhan di bumi.

Agama Hindu mengenal adanya Dasa Awatara yang sangat terkenal di antara Awatara-Awatara lainnya. Dasa Awatara adalah sepuluh Awatara yang diyakini sebagai penjelmaan material Dewa Wisnu dalam misi menyelamatkan dunia. Dari sepuluh Awatara, sembilan diantaranya diyakini sudah pernah menyelamatkan dunia, sedangkan satu di antaranya, Awatara terakhir (Kalki Awatara), masih menunggu waktu yang tepat (konon pada akhir Kali Yuga) untuk turun ke dunia. Kisah-kisah Awatara tersebut terangkum dalam sebuah kitab yang disebut Purana.

Dalam catatan Wikipedia tentang Avatar Selain awatara-awatara yang disebutkan dalam kitab-kitab Purana dan Veda, beberapa di antara orang India dan Hindu dianggap sebagai awatara oleh umat yang meyakininya. Mereka adalah orang-orang dengan kekuatan jasmani dan rohani yang luar biasa jika dibandingkan dengan manusia normal dan diyakini sebagai penitisan Tuhan atau manifestasinya. Mereka adalah:

• Hans Ji Maharaj (1900–1966)• Jagadguru Kripaluji Maharaj (1922-sekarang) diyakini sebagai Awatara dari Sri Krishna dan Sri Caitanya Mahaprabu oleh pengikutnya.• Mahavatar Babaji Meher Baba (1894-1969) yang menyatakan bahwa beliau adalah awatara terakhir pada zaman Kali Yuga atau Awatara Penunggang Kuda Putih.• Bunda Meera (1960-sekarang) diyakini sebagai Awatara dari Adipara-Shakti• Narayani Amma (1976-sekarang) diyakini sebagai Awatara Narayani sejati• Sathya Sai Baba (1926-2011) dianggap dan dipercaya sebagai awatara dari Siwa, Shakti, dan Krishna. Kebangkitannya diprediksi oleh Sai Baba dari Shirdi, yang berkata “Akan lahir seorang anak dengan nama ‘Narayana’ (kebenaran); selain itu diprediksi oleh Sang Buddha (Siddharta Gautama); Paus Yohanes XXIII; dan Nostradamus.• Sai Baba dari Shirdi (1838-1918) beberapa pengikutnya meyakini bahwa Beliau adalah awatara dari Datthatreya dan Siwa.• Sri Ramakrishna (1836–1886) dan Sri Sarada Devi (1853–1920). Ramakrishna

pernah berkata kepada Swami Vivekananda: “Beliau yang disebut Rama dan Krishna sedang berada disini, di tubuh ini, Ramakrishna”. Sarada Devi, istri Ramakrishna, diyakini sebagai penjelmaan (Awatara) Dewi Kali.Beberapa umat Hindu dengan kacamata universal juga meyakini bahwa beberapa tokoh-tokoh/nabi-nabi agama lain adalah awatara (inkarnasi Tuhan). Tokoh-tokoh tersebut yakni:

• Adi Da (1939-sekarang) bergelar “Avatar Adi Da Samraj”.• Bahá'u'lláh (1817–1892) dipercaya sebagai Kalki Awatara.• Gautama Buddha (563-483SM-543SM) penyebar ajaran Buddha yang diyakini sebagai Awatara Wisnu kesembilan dari Dasa Awatara.• Yesus (4 SM-36) kini dikenal sebagai pemuka agama Kristen.• Mahavira (599 SM-527 SM) penyebar ajaran Jainisme.• Samael Aun Weor (1917-1977) dianggap sebagai Kalki Awatara sejati dan Buddha Maitreya.• Zoroaster (Zarathustra) nabi agama Zoroastrianisme.• Prema Sai Baba

Setelah membaca beberapa hal tentang ‘Avatar” di atas,maka selaku ummat Islam maka,kita harus membentengi anak-anak kita dari tokoh-tokok yang tidak layak berada dalam pikiran mereka,apalagi mereka ibaratkan kertas putih yang suci yang bisa menerima goretan apa saja pada dirinya.

Sebagaiman Sabda Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam, “Setiap anak terlahir dalam keadaan fitrah dan orang tualah yang menjadikan anak itu Yahudi, Nasrani, ataupun Majusi” (al Hadist).

Idola adalah sesuatu atau sosok yang dipuja. Mereka yang di idolakan akan dijadikan teladan yang dicontoh dalam kehidupan yang bersangkutan. Panutan itu bisa mencakup seluruh aspek kehidupan yang diidolakan , namun dapat juga hanya sebagian aspek atau 1 aspek kehidupan sang idola tersebut.

Dalam sebuah ungkapan populer disebutkan , jika seseorang mencintai seseorang maka ia akan mencintai apa saja yang dicintai oleh orang yang dicintainya. Seperti banyak kasus anak muda dimasa sekarang yang mengidolakan grup band slank dan menamakan diri mereka slanker dan mengikuti hampir sebagian besar bahkan keseluruhan sisi kehidupan para personilnya .Hal ini memperlihatkan betapa kuatnya pengaruh sesuatu atas kehidupan personal mereka.

Oleh karena itu marilah kita mengarahkan idola anak kita kepada hal yang lebih memperkuat dasar-dasar keislaman anak-anak kita karena mereka diibaratkan oleh Rasulullah sebagai kertas putih.

Idola terbaik sepanjang zaman adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Mengapa tidak menumbuhkan kecintaan terhadap beliau sejak dini pada anak-anak? Seharusnya, sejak kecil, anak-anak dibiasakan dengan kisah-kisah para nabi, para sahabat, kisah-kisah teladan, agar tertanam kecintaan mereka terhadap tokoh-tokoh muslim itu.

Sesungguhnya Rasulullah adalah teladan yang paling baik. Beliau adalah orang yang paling baik akhlaknya, paling berani, dan paling dermawan. Poin-poin penting inilah yang tidak pernah benar-benar dimiliki oleh para superhero lainnya. Wallaahu ‘a’lam bisshowaab.

Demikian semoga bermanfaat… Hamba yang Do’if dan Faqir Ilmu Illa Rahmati Rabbi….

2 komentar:

azaria damar saputro mengatakan...

Kok muhammad td masuk dlm daftar avatar yaa..? Tanya kenapa

Anonim mengatakan...

blog kontol tak berarti dari sampah

Posting Komentar

Design by Gus Cholies Visit Original Post Islamic2 Template